Mereka tidak memiliki tujuan
Jika Anda tidak memiliki tujuan dalam mengembangkan karier, bagaimana Anda bisa mendeteksi sebuah kemajuan? Bisnis musik adalah bisnis yang keras, apalagi jika Anda tidak memiliki panduan yang jelas. Kebanyakan label rekaman, penerbit musik, manajer, produser, pengacara hiburan dan bahkan agensi booking tidak akan mau bekerjasama dengan artis yang belum jelas menentukan arah dan tujuan bagi bandnya. Mereka lebih memilih untuk bekerjasama dengan musisi yang memiliki tujuan jelas dan cekatan.
Mereka tidak memiliki perangkat menuju kesuksesan
Berlawanan
dengan kepercayaan orang banyak, sebenarnya memang ada sebuah "proses"
untuk menjadi musisi professional dan mendapatkan sebuah kontrak
rekaman. Industri musik dipenuhi dengan rumor, mitos dan misinformasi
yang membuatnya sulit untuk menggoreskan kesuksesan di atasnya. Dengan
memahami bagaimana industri musik ini bekerja tentunya dapat menjadi
asset yang sangat berharga. Bagian dari "proses" yang di maksud ini
termasuk di antaranya adalah penggunaan "perangkat" khusus yang telah
menjadi standar dalam ruang lingkup industri musik! Daftar berikut
memuat beberapa perangkat wajib yang Anda butuhkan guna mengejar karier
yang serius sebagai musisi professional.
PRESS KIT/PROMO PACK
Sebuah demo kaset/CD yang berisikan 3-5 lagu TERBAIK band Anda. (Kualitas jelas berpengaruh!)
Biografi artis.
(Informasi penting tentang sang artis, termasuk siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang sedang
(Informasi penting tentang sang artis, termasuk siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang sedang
mereka kerjakan, dan sebagainya.)
Daftar lagu (song list).
(Seluruh judul lagu yang dibawakan oleh sang artis, milik sendiri atau cover)
(Seluruh judul lagu yang dibawakan oleh sang artis, milik sendiri atau cover)
Lirik-lirik lagu.
(materi lirik-lirik lagu milik sang artis yang termuat dalam demo mereka).
(materi lirik-lirik lagu milik sang artis yang termuat dalam demo mereka).
FOTO ARTIS.
"Write-ups." (Berbagai kisah menarik atau resensi yang
ditulis media cetak tentang sang artis, bisa juga mengenai liputan
tentang mereka di radio maupun televisi.)
MAILING LIST
Salah
satu faktor terpenting dari kesuksesan Anda adalah dengan membangun,
memelihara serta memaksimalkan pemanfaatan mailing list. Milis ini
terdiri dari nama-nama dan kontak informasi para penggemar, kontak
media, pelaku industri musik dan siapa saja yang memiliki minat yang
sama (bisnis dan sebaliknya) dengan Anda (sang artis). Sebuah mailing
list dapat menjadi asset yang berharga bagi artis siapa saja apabila
mereka memanfaatkannya secara maksimal.
DAFTAR TARGET MEDIA
Pemanfaatan
media guna mendukung kemajuan karier Anda merupakan hal yang sangat
penting sifatnya. Ini mencakup di antaranya penerbitan- penerbitan
industri musik, majalah-majalah, suratkabar, radio, televisi dan
internet. Sebuah band atau artis yang sangat berbakat dan secara
berkesinambungan melakukan promosi bagi kemajuan kariernya
memiliki kesempatan yang besar untuk mendapat "perhatian" untuk dikontrak label rekaman.
Pernahkah
Anda mendengar orang berkata, "saya nggak pernah lihat dan nggak pernah
tahu band mereka." Nah, Anda harus berlawanan dengan komentar tadi!
Berusahalah untuk selalu "tampil" sebanyak mungkin di depan banyak
orang. Penuhi keingintahuan industri dan khalayak luas dengan aksi band
Anda maka dijamin band Anda akan tampil di banyak tempat!
Manfaatkan
penggunaan media dengan memasang iklan atau beriklan secara gratis,
sebarkan rilis pers, write-ups dan resensi, dan kalau bisa usahakan
tampil di radio dan juga televisi juga.
Mereka tidak memiliki seseorang untuk memandu karier
Salah
satu tanggungjawab dari manajer personal adalah untuk membantu artis
mengambil keputusan yang berhubungan dengan karier musik mereka.
Masalahnya, kebanyakan artis biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk
mencari manajemen yang bagus. Biasanya ini terjadi karena kebanyakan
manajer yang professional dan berpengalaman, sibuk sendiri dengan klien
mereka masing-masing.
Karena alasan inilah, banyak musisi yang
lantas meminta kawan mereka sendiri untuk menjadi manajer. Yang sering
terjadi kemudian, sang teman tadi ternyata justru cenderung menjadi
seorang booking agent dibandingkan manajer personal band. (Lebih gampang
mencarikan panggung tentunya dibandingkan harus memandu karier musik
artis!) Karena "teman-teman" ini sangat awam dengan bisnis musik, mereka
terkadang jatuhnya malah sering mempersulit dibanding mempermudah.
Jika
memang manajer yang Anda cari, maka carilah manajer! Jika teman- teman
Anda berniat untuk membantu, mereka bisa menjual tiket di konser atau
belajar mengoperasikan lighting! Jangan pertaruhkan karier band Anda di
tangan seseorang yang sama sekali tidak memahami cara bekerja bisnis
musik apalagi tidak berpengalaman sama sekali di dunia bisnis yang satu
ini.
Mereka menunggu untuk ditemukan
Jika Anda "menunggu untuk ditemukan," saya punya satu pertanyaan sederhana...
"APA YANG SEBENARNYA YANG KAMU TUNGGU?"
Ini
seperti berkata, "Saya sedang menunggu sukses!" Jelas tidak masuk akal!
Apa yang dimaksud oleh musisi-musisi ini ketika mereka bilang tengah
menunggu untuk ditemukan sebenarnya adalah: "Saya sudah mentok karena
benar-benar nggak tahu harus melakukan apa lagi!" Tidak ada yang perlu
ditunggu-tunggu, mulai lakukan sesuatu, SEKARANG!
Demand discovery, never wait for it !!!
Mereka kurang berdedikasi
Banyak band yang
telah manggung bareng selama lebih dari 10 tahun sebelum akhirnya
mendapatkan kontrak rekaman! Itulah dedikasi! Itulah kegigihan! Keuletan
seperti itulah yang dapat membawa artis/band ke puncak kesuksesan di
bisnis musik. Anda tentu tidak perlu tampil 10 tahun lamanya sebelum
"keajaiban" terjadi, namun, bila Anda memiliki dedikasi untuk mengarungi
suka- duka dan sukses menghalau segala rintangan yang manghalang,
agaknya Anda sudah semakin dekat dengan "keajaiban" tersebut.
Mereka benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan
berikut ini adalah; "3 Rahasia Besar untuk menjadi Sorang Musisi Profesional dan Mendapatkan Kontrak Rekaman!"
· Asah terus bakat Anda!!!..Latihan, latihan, latihan!
· Didiklah diri Anda dengan berbagai pengetahuan tentang bisnis musik!
Jangan sekali-sekali beranggapan kalau Anda mengerti semuanya, cari
tahu! Jika Anda berfikir akan tahu dengan sendirinya nanti. Anda benar,
memang begitu, tapi ini terjadi setelah Anda tersandung dan jatuh
berkali-kali. Jauh lebih pelik dari yang Anda bayangkan! Memang
asyik-asyik saja belajar sambil mempraktekannya, tapi jangan sampai
belajar dari kesalahan yang terjadi berkali-kali, dong! Ini sangat
memakan waktu dan sangat menyakitkan bagi diri Anda sendiri tentunya.
Carilah fakta-fakta dan pelajari bisnis ini dengan cara yang benar!
·
Promosi, promosi, promosi! Mungkin Anda adalah musisi terhebat atau
penyanyi paling sensasional yang pernah ada di planet ini, tapi kalau
tanpa di dukung promosi, siapa yang tahu?
Mereka lebih banyak punya alasan mengapa mereka tidak bisa dibandingkan mereka bisa!
Banyak
musisi yang belum apa-apa sudah memasang banyak penghalang di benak
mereka. Hal ini malah membuat mereka jauh dari kesuksesan. Jangan
biarkan kekurangan PD merongrong bakat atau karier musik yang telah Anda
impi-impikan sejak lama. Ego yang sehat malah dibutuhkan dalam bisnis
musik. (seorang ego-maniak tidak mendapat tempat di sini!)
Mereka tidak memiliki komitmen jangka panjang
Jika
Anda tidak jujur melihat diri Anda sendiri sebagai seorang musisi lebih
dari 6 bulan sampai satu atau dua tahun, maka Anda sedang melalui
sebuah fase yang bagi kita musisi "beneran" selalu berharap agar Anda
MENGHILANG secepatnya! Menjadi seorang musisi adalah kerja keras seumur
hidup, bukannya iseng-iseng! Musisi-musisi yang sukses di industri musik
tidak sekadar memasukkan jempol kaki mereka untuk memeriksa keadaan
air, mereka langsung terjun dengan kepala mereka lebih dahulu dan
TIDAK pernah melihat ke belakang lagi! Sekali Anda telah menjadi seorang
musisi maka seumur hidup Anda akan terus menjadi musisi..!!!
Mereka tidak serius
Jika Anda memperlakukan
musik hanya sebagai hobi, maka selamanya ia akan seperti itu! Jika Anda
tidak menggiring musik dan band Anda menjadi serius, maka tidak
seorangpun yang akan mau serius dengan band Anda! Jika tujuan Anda
adalah menjadi musisi professional, Anda harus menampilkan diri Anda dan
apa yang Anda lakukan secara professional pula..!!!
Mereka tidak berbakat sama sekali
Salah satu
alasan terbesar mengapa begitu sulit untuk menembus bisnis musik adalah
karena bisnis ini merupakan bisnis yang kompleks. Semua orang kebelet
menjadi bintang. Apa yang membuatnya semakin sulit ditembus ternyata
karena makin banyak lahir musisi jadi-jadian yang merusak kesempatan
bagi musisi-musisi berbakat! Label-label rekaman dibombardir dengan
demo-demo "sampah" yang sangat jauh dari standar industri musik. Tidak
heran makanya demo-demo ini kemudian langsung berakhir di keranjang
sampah walau belum sempat dibuka sama sekali! Ini artinya bagi musisi
professional, orang tersebut harus menunggu sampai bagian A&R dari
label-label rekaman tersebut selesai menyortir satu-persatu ribuan
"sampah" tersebut sebelum akhirnya benar-benar dibuka dan disimak oleh
mereka.
Yang terpenting Anda harus tahu dan mengenali produk / karya setelah mengenal semua itu baru menentukan segmen dan pasar yang harus dibidik alias marketingnya juga harus lebih diperhatikan.
Selamat mencoba tips ini buat yang menginginkan sebuah perubahan dalam karier bermusiknya..so, semua ada ditangan anda lagi..
Firman Albadzil
Audio Engineer in independent
anda sangat membantu
BalasHapus